Temukan perangkat saya merupakan sebuah fitur yang ditanamkan oleh google pada sistem internal ponsel Android untuk melacak keberadaan ataupun lokasi ponsel jika penggunanya tak dapat menemukan lokasi, ataupun merasa kehilangan ponselnya, khususnya ponsel dengan OS Android.

Tentu saja, kehilangan ponsel bukanlah perkara mudah. Bagi sebagian orang, ponsel dapat tergantikan namun bagi sebagian orang lainnya, file, memori dan juga data penting merupakan aset yang tak akan pernah dapat tergantikan jika ponsel memang betul-betul hilang.

Namun jangan panik dulu, berikut ini merupakan panduan menggunakan fitur “Temukan Perangkat Saya” (En: Find My Device) untuk melacak keberadaan ponsel androidmu.

Menggunakan “Temukan Perangkat Saya” di Browser

Penampilan website temukan perangkat saya oleh google.

1. Buka Laman “Temukan Perangkat Saya / Find My Device” di Browsermu

Klik tautan berikut ini untuk membuka laman tersebut:

Temukan Perangkat Saya / Find My Device

Setelah itu, masuk menggunakan akun gmail yang terkait dengan ponsel androidmu yang hilang. Misalnya, jika pada ponsel androidmu yang hilang menggunakan akun G-Mail seperti: AkunSaya22@gmail.com, maka masuk pada laman tersebut menggunakan akun G-mail yang sama juga.

Hal tersebut dilakukan supaya ponselmu yang hilang akan tertera pada laman tersebut.

2. Pilih Ponsel yang Hilang

Setelah kamu berhasil masuk di akun G-mail yang sama pada ponsel androidmu, maka selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan laman seperti berikut ini:

Daftar ponsel yang terikat dengan akun gmail.

Setelah mendapati ponsel androidmu yang hilang pada laman “Temukan Perangkat Saya / Find My Device”, klik pada ponsel tersebut, lalu ikuti langkat selanjutnya berikut ini:

3. Opsi Ponsel yang Hilang

PENTING!
Sebelum meneruskan ke tahap ini, ponselmu wajib memiliki daya baterai dan juga koneksi internet. Kalaupun ponsel dalam keadaan mati dalam tahap ini, maka setelah ponsel tersebut ter-charge kembali dan terkoneksi dengan internet, ponselmu secara otomatis akan meneruskan perintah yang kamu kirimkan pada laman "Temukan perangkat saya / Find my device".

Pada tahap ini, ada banyak sekali yang dapat dilakukan. Jika kamu tak yakin dimana kamu menaruh ponsel di dalam rumahmu, kamu bisa membunyikan ringtone ponsel dengan cara mengklik tombol “RING”. Setelah mengklik tombol tersebut, ponsel kamu akan berdering dengan volume maksimal secara otomatis.

Jika kamu tak yakin dimana kamu meletakkan ponselmu, entah apakah itu tertinggal dikantor, atau mungkin di mall tempat makanmu tadi, kamu bisa menggunakan opsi “LACAK/LOCATE” seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

Fitur pelacakan/locate pada temukan perangkat saya

Jika dihadapkan dengan tampilan seperti diatas, maka klik tombol accept untuk menerima kebijakan penggunakan fitur tersebut oleh google.

Pada laman ini, kamu bisa melakukan beberapa hal pada ponselmu. Seperti, deringkan ponsel, kunci ponsel menggunakan password dan yang terakhir, hapus atau reset file dan data pada ponselmu dari jarak jauh.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kamu bisa melihat taksiran lokasi dimana ponsel tersebut berada dan opsi yang dapat kamu pilih pada ponsel tersebut.

Jika kamu tak peduli pada ponsel, melainkan pada data dan file yang terdapat pada ponselmu, jangan ragu untuk menggunakan fitur “Hapus Perangkat / Erase Device” untuk mereset ponselmu kembali kepada pengaturan pabrik.

PERINGATAN!
Hapus Perangkat / Erase Device akan menghapus seluruh data dari ponselmu dan alhasil kamu takkan bisa lagi melacak keberadaan ponselmu menggunakan fitur tersebut.

Jika kamu ingin mengunci ponsel tersebut dari jarak jauh agar orang tidak bisa mengakses ponselmu. Kamu bisa menggunakan fitur “Secure Device / Amankan Perangkat”. Dengan memilih fitur ini, ponselmu akan terkunci sampai kamu membukanya kembali melalui laman “Lacak / Locate” tersebut.

Dan juga pada fitur penguncian tersebut, kamu bisa memilih untuk menampilkan pesan “Darurat” bagi orang yang menemukan ponselmu. Atau kamu bisa mencoba menghubungi ponsel tersebut, mungkin saja sudah ada yang menemukannya.

Selain mengunci dan menghapus semua data di ponselmu, kamu juga bisa menderingkan ponsel selama 5 menit berturut-turut. Fitur ini berguna jika kamu ingin melihat reaksi orang pada suatu lokasi yang risih dengan nada dering yang tak dapat dimatikan selama 5 menit tersebut.

Kesimpulan

Selalu berhati-hati dalam meletakkan ponselmu khususnya dalam domain publik. Selalu pastikan kamu tidak menyimpan file-file sensitif atau penting pada ponselmu semata, buatlah cadangan file cloud pada google drive, google image, dsb.