Mengapa Harus WordPress?

Jika Anda sudah menggunakan internet dan mengenal teknologi digital cukup lama, hanya masalah waktu bagi Anda untuk memilih punya website sendiri. Entah itu website atau situs yang merepresentasikan usaha yang sedang Anda giati atau website untuk mempromosikan diri sendiri (blog, portfolio, dll). Dan tentunya, memiliki website dapat meningkatkan value atau nilai dari segi pemasaran dan berpotensi menjangkau lebih banyak audiens atau pelanggan daripada tidak menggunakan website sama sekali.

Atau mungkin sebelumnya, Anda memang sudah berpikir untuk membuat website, tetapi Anda berpikiran bahwa Anda tidak punya cukup waktu dan budget untuk mengelola sebuah website, apalagi membangunnya dari nol.

Gratis

WordPress dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis karena kebijakan open-source yang mereka tetapkan. Banyak pendukung dan kontributor yang membantu proses pengembangan hingga saat ini.

Anda dapat memilih tema dan plugin gratis, meskipun untuk fitur yang lebih kompleks, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli plugin premium. Pengguna WordPress biasanya menggunakan jasa pembuat website untuk menyesuaikan tampilan sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.

Meskipun gratis, Anda diharuskan untuk menyewa hosting sendiri. Harga terendah mulai dari Rp 100.000 per tahun untuk kapasitas terkecil.

Instalasi Mudah

Penyedia layanan hosting umumnya sudah bekerjasama dengan WordPress dan menyediakan instalasi WordPress otomatis. Anda hanya perlu meminta bantuan pada hosting pilihan Anda untuk menginstalkan WordPress, dan Anda sudah bisa mengaksesnya kurang dari satu jam.

Selain itu, WordPress juga memudahkan Anda untuk melakukan update ke versi terbaru. Hanya dengan satu kali klik, Anda sudah bisa memperbarui Wordpress Anda. Proses ini biasanya memakan waktu kurang dari semenit.

Bisa Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan (Multipurpose)

Memang awalnya WordPress dibangun sebagai platform blogging, tapi saat ini WordPress sudah benar-benar matang sebagai tool yang memudahkan Anda untuk membuat website perusahaan, sekolah, universitas, kelompok organisasi, klub, hingga toko online.

WordPress ramah digunakan oleh siapa saja, baik praktisi IT profesional yang ingin menambahkan banyak kustomisasi pada suatu website, atau orang awam yang baru mengenal website dan tidak tahu tentang HTML, CSS, atau Javascript.

Tidak Perlu Desain Manual

Seperti yang tadi disebutkan, Anda tidak perlu berkutat dengan coding dan desain karena WordPress menyediakan ribuan tema desain yang dibuat oleh profesional secara gratis. Lebih dari 2.000 tema tersedia di pustaka desain milik WordPress. Jika Anda menginginkan desain premium, Anda bisa mendapatkannya dari situs komersial seperti ThemeForest, StudioPress, atau WooThemes.

Lebih Banyak Pilihan Plugin dibandingkan CMS lainnya

WordPress memiliki kurang lebih 52.000 plugin, sedangkan CMS lain seperti Joomla dan Drupal memiliki masing-masing 8.000 dan 39.000 plugin. Dengan WordPress, Anda bisa menambah fitur website tanpa menulis satu baris kode sekalipun karena banyaknya plugin yang sudah ada untuk fitur yang Anda cari.

Anda juga bisa mengubah tampilan website dengan plugin seperti Divi, Beaver Builder, atau Elementor yang bisa Anda pakai secara gratis, meskipun beberapa fitur harus Anda dapatkan dengan membeli versi premiumnya.

Mudah dipelajari dan Memiliki Komunitas yang Besar

Karena WordPress dapat digunakan gratis oleh siapa saja, komunitasnya pun tidak dibatasi oleh level kemampuan pengguna, perbedaan layanan karena support premium, atau harga. Anda bisa belajar dengan bergabung di komunitas WordPress maupun website-website yang khusus didedikasikan untuk belajar WordPress.

Jika Anda memiliki pertanyaan, tim support akan menjawabnya dalam waktu relatif singkat. Website seperti WP Beginner, WP101, atau WP apprentice umumnya menyediakan layanan newsletter dan memberikan tips langsung ke email Anda. Kursus online WordPress juga mudah Anda temukan di Udemy atau Alison.

SEO Friendly

WordPress memiliki built-in SEO yang secara otomatis membuat title tag dan meta description untuk semua laman dan postingan. Ini membuat search engine memahami isi konten ketika meng-crawl website Anda, menambah kemungkinan website terindeks dan naik peringkat di hasil pencarian.

Jika Anda tidak puas dengan built-in SEO, gunakan plugin yang memberikan panduan untuk membuat konten SEO-friendly.

WordPress Terintegrasi dengan Banyak Penyedia Layanan Lainnya

Meskipun menggunakan WordPress, Anda masih bisa menggunakan layanan pihak ketiga favorit Anda seperti email marketing dan payment gateways. Anda juga bisa mencantumkan (embed) postingan Feed Instagram, Facebook, Pinterest dan lainnya, serta mengarahkan pengunjung ke kontak WhatsApp, atau melalui formulir yang akan terkirim ke email Anda.

Responsif

Dengan semakin banyaknya pengguna internet mengakses website melalui ponsel, WordPress menyesuaikan desain website Anda dengan tampilan ponsel dan tablet secara otomatis. Tapi ini juga tergantung pada tema yang Anda pilih. Kuncinya, pilih tema yang menyertakan klaim desain responsive (responsive design).

Membuat Konten Website Semudah Anda mengetik

Kalau Anda bisa mengetik di Microsoft Word, Anda pasti bisa mengetik di WordPress karena keduanya memiliki tampilan pengguna (User Interface) yang sama. Anda bisa menyematkan tautan, gambar, video, teks, dan multimedia lainnya seperti di Ms. Word.

Anda pun Sebaiknya Menggunakan WordPress

WordPress memiliki lingkup pengguna di seluruh dunia. Memang beberapa pengembang website lebih suka membuat website dengan coding mereka sendiri, tapi hal ini memerlukan waktu lama untuk mempelajari pemrograman website. Sisi negatifnya, website seperti ini melibatkan lebih dari satu orang dalam prosesnya, dan hanya bisa digunakan oleh orang yang juga mengerti pemrograman.

WordPress mempermudah setiap individu yang ingin mempunyai website tapi tidak mengerti pemrograman. Selalu ada plugin hampir untuk setiap kebutuhan Anda dalam membuat website. Terlepas apakah Anda seorang blogger, pemilik usaha, pengembang website untuk klien dan toko online, WordPress adalah pilihan bijak dan tepat.

WORDPRESS

Baca Materi Lainnya

Wordpress