Ditengah pandemi COVID-19 di tahun 2020 ini, industri dan pasar game mengalami tren pertumbuhan yang cukup signifikan. Dengan mengambil contoh developer game seperti Tencent saja, mereka mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam kurun waktu 2 tahun saja. Menarik bukan!

Dan dengan terus bertumbuhnya industri atau pasar game secara global, banyak sekali orang yang berminat untuk terjun kedalam industri ini dan berencana untuk membangun atau memulai karir pengembangan gamenya sendiri.

Lalu sebenarnya, bagaimana cara membuat game android secara baik dan benar? sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak pertanyaan-pertanyaan umum yang perlu diketahui oleh pemula sebelum membuat game android.

Pertanyaan-Pertanyaan Umum dalam Pembuatan Game Android

Apa Bahasa Pemrograman Terbaik dalam Pembuatan Game Android?

Java adalah bahasa pemrograman terbaik dalam pembuatan game Android. Dalam industri game, C++ adalah bahasa pemrograman dasar yang dipakai oleh banyak developer. Akan tetapi, C++ masih berurusan dengan masalah kompatibilitas antar perangkat. Dan hal tersebut tidak terjadi dalam bahasa pemrograman Java, karena Java berjalan pada mesin virtual, jadi Anda takkan menemui masalah kompatibilitas antar perangkat seperti bahasa pemrograman lainnya kedepannya.

Apa Perlu Komputer Mahal Untuk Membuat Game Android?

Jawabannya relatif dan tergantung dari jenis game android yang akan Anda buat. Misalnya, jika game android Anda mengusung teknologi grafis 3D yang mutakhir, maka Anda memerlukan perangkat keras komputer berupa kartu grafis high-end. Sedangkan, jika Anda ingin membuat game android 2D seperti Flappy Bird, maka tidak diperlukan komputer dengan spesifikasi khusus.

Apakah Sulit Membuat Game Android?

Tidak sulit. Dengan akses ke materi pembelajaran yang benar, Anda dapat membuat game android pertama Anda sendiri dalam kurun waktu yang cukup singkat. Mengambil contoh dari kursus membuat game menggunakan Unity3D pada situs Udemy berikut ini, Anda dapat membuat game sederhana yang dapat dimainkan di Android anda dalam waktu kurang dari beberapa hari saja.

Cara Membuat Game Android Untuk Pemula

Ilustrasi Game Android

Ada banyak jalan untuk menempuh cara membuat game android sebagai pemula. Tak dapat dipungkiri, membuat game bukanlah suatu perkara yang mudah. Anda harus melewati banyak tahap pengembangan dan tentu juga wajib melakukan riset secara berkala dalam membuat satu game saja.

Ambil contoh seperti game legendaris Flappy Bird yang diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna diseluruh dunia hanya dalam beberapa tahun saja, pembuatnya Nguyen, yang berasal dari Vietnam mengaku memerlukan 2 sampai 3 hari untuk membuat gamenya sampai ke tahap perilisan. Waktu tersebut relatif cepat, karena Nguyen sendiri merupakan programmer sekaligus pengembang game yang berpengalaman.

Untuk itu, sejatinya bagaimana dan langkah apa yang harus Anda ketahui sebelum memulai perjalanan Anda untuk membuat game android? Tips atau hal apa yang perlu diketahui sebagai pemula? mari simak ulasan berikut ini:

Tips Jika Anda Berminat Untuk Membuat Game Android

Ada dua jenis game yang dapat anda buat, yakni game dengan grafis 2D dan game dengan grafis 3D. Dua-duanya memiliki prospek yang baik dalam industri, hanya saja, semuanya bergantung pada bagaimana peminatan pasar pada satu waktu.

Ambil contoh tahun 2020 saja, segmen pasar terbelah menjadi beberapa bagian, ada peminatan tinggi pada game 3D MMORPG seperti Blade & Soul Revolution dan Juga Dragon Raja, dan juga game-game casual seperti game cacing atau ular, atau game dengan tema kuis.

Baca selengkapnya di, Game MMORPG Terpopuler di Tahun 2020

Namun, apa saja tips yang wajib Anda ketahui sebelum membuat game android 3D dan 2D? berikut adalah tips-tipsnya:

Logo Game Engine Unity
  1. Gunakan Unity3D Engine. Unity3D merupakan sebuah game engine yang diperlukan dalam pengembangan suatu game 3D, anda menulis baris kode, mengimpor aset dan juga melakukan testing game pada sebuah game engine.

    Mengapa harus Unity3D? Selain gratis tanpa pungutan biaya apapun, Unity3D memiliki komunitas dan juga tutorial ataupun panduan mengenai cara membuat game android 3D menggunakan game engine Unity3D secara gratis. Inilah kelebihan Unity3D dibandingkan dengan game engine lainnya.

  2. Pelajari bahasa pemrograman C#. Mengapa harus menggunakan bahasa pemrograman C#? Selain Java, C# merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pembuatan game Android. Selain banyak panduan dan materi pembelajaran mengenai bahasa pemrograman tersebut, Unity3D juga mendukung penuh penggunaan bahasa C# pada game engine mereka.

  3. Macam-macam Perangkat Lunak Grafis 3D dan 2D. Perangkat lunak grafis merupakan alat yang sangat vital dalam pembuatan game 3D maupun 2D. Tanpa perangkat lunak tersebut, bagaimana Anda dapat membuat aset game anda seperti objek Player, objek bangunan seperti jalan, trotoar, pot bunga, dsb ataupun objek natural seperti pohon, rumput dan lain-lain. Untuk dapat membuat objek-obek tersebut, Anda memerlukan perangkat lunak grafis yang dapat menunjang pengembangan game.

    Blender. Blender merupakan perangkat lunak grafis 3D open-source dan juga gratis yang dapat Anda gunakan sesuka hati Anda dalam pengembangan game android 3D.

    GIMP. GIMP merupakan alternatif gratis selain photoshop, karena photoshop berbayar, maka GIMP adalah perangkat lunak grafis yang sangat disarankan untuk pemula dalam pembuatan desain game.

  4. Aset Tekstur. Tanpa aset tekstur, game android anda akan terlihat tidak realistis dan juga tidak sedap dipandang. Anda dapat menemukan aset tekstur gratis maupun berbayar sesuai kebutuhan game Anda di Internet. Salah satu alternatif gratis lainnya adalah dengan menggunakan layanan tekstur seperti Textures.com. Selain gratis, Anda dapat membuat ataupun mengimport tekstur yang terdapat di website tersebut.

  5. Tips lainnya, anda bisa menggunakan layanan gratis seperti MakeHuman untuk mendapatkan model atau objek 3D yang menyerupai manusia untuk digunakan dalam game Anda.

Tahapan Cara Membuat Game Android

Kami asumsikan bahwa Anda akan menggunakan Unity3D sebagai game engine pada pengembangan game android Anda. Untuk itu, Berikut adalah tahapan-tahapan terstruktur yang harus Anda lalui sebelum membuat game android secara baik dan benar.


Memilih Tema Permainan

Sebelum mulai menulis satu baris kode dalam game Anda, perlu sekali untuk merencanakan serta riset tema game android yang akan dibuat. Dengan mengupas secara tuntas tema game Anda terlebih dahulu, maka alur pengembangan game akan semakin terstruktur dan juga berpotensi memangkas waktu pengerjaan. Berikut merupakan beberapa contoh Tema permainan.

– Permainan Puzzle, Teka-teki, petualangan, game tantangan, game interaktif, dsb.

Menetapkan Alur Permainan atau Game Flow

Anda tidak dapat membuat suatu game tanpa alur permainan atau game flow. Anda harus mendesain sebuah alur permainan yang akan membuat para pemain atau player tertarik. Untuk pemula, ikuti saja alur permainan yang sudah ada dan sudah dibuat sebelumnya. Misalkan, Anda dapat membuat game tantangan seperti Flappy Bird dengan Game Flow seperti berikut ini:

– Pemain atau Player harus mengumpulkan skor sebanyak mungkin dengan terbang dan bermanuver untuk menghindari objek. Jika player menghantam suatu objek, maka player tersebut kalah.

Pengembangan dan Pengkodean

Ketika Anda sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, sekarang adalah waktu yang ideal untuk menulis baris kode pertama Anda. Saat ini, Unity3D mendukung penuh bahasa pemrograman C# pada game engine mereka. Untuk itu, setidaknya anda harus memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara menulis baris kode menggunakan C#.

Namun tenang saja, seperti yang dituliskan diatas, game engine Unity memiliki komunitas dan juga panduan gratis yang tersebar diberbagai penjuru Internet. Anda hanya perlu memelajari bagian yang diperlukan untuk dapat membuat game Anda berfungsi.

Berikut adalah video panduan mengenai cara menulis kode untuk membuat Flappy Bird.

Desain atau UI Game

Tahapan ini adalah tahapan krusial terakhir yang penting untuk game Anda. Tanpa visual ataupun UI Game yang baik, akan sulit untuk menarik ataupun membuat pemain untuk menyukai game anda. Untuk itu, pelajarilah cara membuat atau mendesai UI game yang saat ini sedang relevan sesuai dengan tema dan alur cerita game yang akan Anda buat.

Kesimpulan

Begitulah gambaran kasar mengenai cara membuat game android di tahun 2020. Mengembangkan game android memanglah tidak mudah, namun jika Anda berhasil membuat game pertama Anda maka hal tersebut akan menjadi pendorong bagi Anda untuk membuat game yang lebih ambisius dan lebih menarik lagi kedepannya. Untuk itu jangan berhenti belajar dan tetap semangat untuk membuat hal-hal yang kamu sukai.