Mungkin anda sering mendengar kedua istilah tersebut dalam dunia pemasaran atau marketing. Lantas apa itu SEO dan SEM? Pada Mesin Pencari atau Search Engine, SEO merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization“, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Optimasi Mesin Pencari“. Sedangkan untuk istilah SEM yang merupakan kependekan dari “Search Engine Marketing“, yang jika diterjemahkan akan memiliki arti “Pemasaran Mesin Pencari“.

SEO dan SEM merupakan sebuah istilah teknis dalam teknologi mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing, Yahoo! dan lain sebagainya yang secara garis besar membahas tentang bagaimana sebuah informasi pada suatu laman web dapat terserap dan ditampilkan dengan baik oleh teknologi mesin pencari yang kemudian disampaikan kepada pengguna yang sedang mencari informasi tersebut.

Akan tetapi, secara praktis, SEO dan SEM merujuk tentang bagaimana cara suatu laman web dapat memperoleh visibilitas dan juga jangkauan terbaik di dalam laman hasil pencarian (SERP: Search Engine Result Page). Dengan kata lain, SEO dan SEM merupakan sebuah teknik agar suatu laman web memiliki posisi atau ranking yang tinggi dalam sebuah laman hasil pencarian atau SERP.

Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan jumlah pengunjung laman web atau meningkatkan presentase konversi penjualan. Pada dasarnya, orang yang mengaplikasikan teknik SEO dan SEM pada sebuah laman web bertujuan untuk meraup keuntungan. Baik secara materil maupun non-materil.

Pertanyaan yang Sering di Tanyakan Mengenai Apa Itu SEO dan SEM?

Ilustrasi SEO dan SEM

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan mengenai topik tersebut:

Apa yang dimaksud dengan SEO?

Pada Mesin Pencari atau Search Engine, SEO merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization“. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia SEO memiliki arti “Optimasi Mesin Pencari“. Tujuan utama SEO yakni untuk meningkatkan visibilitas dan juga rangking posisi suatu laman web pada laman hasil pencarian (SERP: Search Result Page).

Apa Itu SEO dan SEM?

SEO dan SEM merupakan sebuah istilah teknis dalam teknologi mesin pencari atau Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo! dan lain sebagainya yang secara garis besar mempelopori tentang bagaimana sebuah informasi pada suatu laman web dapat terserap dan ditampilkan dengan baik oleh teknologi mesin pencari yang kemudian disampaikan kepada pengguna yang sedang mencari informasi tersebut menggunakan kata kunci (Keyword) tertentu.

Mengapa Harus SEO?

SEO dapat meningkatkan visibilitas dan juga rangking situs anda pada laman hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page). Dengan menerapkan SEO yang baik, maka anda bisa menarik lebih banyak pengunjung ke situs ataupun meningkatkan presentase konversi penjualan jika anda memiliki bisnis daring.

Apa itu SEO dan SEM?

Memahami SEO

Di dalam teknologi Mesin Pencari atau Search Engine, SEO merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization“. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia SEO berarti “Optimasi Mesin Pencari“. Tujuan utama seseorang dalam mempraktekkan SEO salah satunya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan juga rangking posisi suatu laman web pada laman hasil pencarian (SERP: Search Engine Result Page).

Dengan meningkatkan rangking pada suatu laman web, maka pengguna yang sedang mencari suatu kata kunci pada mesin pencari mendapat kemungkinan lebih besar untuk mengakses atau mengklik laman situs dengan rangking yang lebih tinggi tersebut. Dikarenakan, ketika laman web memiliki rangking tertinggi pada suatu kata kunci, maka laman web tersebut pun akan tampil paling atas pada laman hasil pencarian (SERP) dibandingkan dengan laman web dengan rangking yang lebih rendah.

Kegunaan dan Fungsi SEO

Jika anda sudah memahami apa itu SEO, langkah selanjutnya adalah dengan memahami fungsi serta kegunaannya pada suatu situs web. Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin anda akan mempertanyakan tentang kegunaan ataupun keuntungan penerapan SEO pada sebuah situs web. Berikut ini adalah poin-poin penting dalam memhaami fungsi serta kegunaan SEO:

  • Penerapan SEO yang baik akan meningkatkan visibilitas serta jangkauan situs anda pada laman hasil pencarian (SERP).
  • Jika dilakukan dengan tepat, maka SEO dapat meningkatkan konversi penjualan pada sebuah situs e-commerce atau situs jualan online.
  • SEO yang baik akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen akan suatu merek dagang yang memiliki situs web.
  • Penerapan SEO yang tepat sasaran juga akan membuat situs web terkait terlihat profesional.

Memahami SEM

Berbeda dengan SEO, jika SEO merupakan sebuah usaha untuk mengoptimalkan suatu situs web pada laman hasil pencarian (SERP) di dalam mesin pencari (Search Engine), maka SEM merupakan sebuah usaha dalam mengoptimalkan laman hasil pencarian (SERP) dengan menggunakan strategi pemasaran. Dengan demikian, SEM yang merupakan kependekan dari “Search Engine Marketing” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Pemasaran Mesin Pencari” juga dapat dikategorikan sebagai salah satu strategi marketing bagi bisnis atau perusahaan yang memiliki atau bergantung pada situs web.

Tujuan utama diterapkannya SEM pada sebuah situs web kurang lebih sama seperti SEO. Yakni, mulai dari meningkatkan visibilitas situs pada laman hasil pencarian (SERP) hingga meningkatkan presentase konversi penjualan. Perbedaanya, yakni terletak pada teknik serta fungsi penerepannya.

Jika SEO bergantung pada faktor internal untuk mendapatkan rangking, faktor internal dalam artian seperti mengoptimasi faktor-faktor penting dari dalam situs web itu sendiri seperti, faktor merek, isi konten situs, penjudulan konten, dan lain sebagainya. SEM lebih mengarah kepada faktor eksternal dalam mengoptimalkan laman hasil pencarian (SERP). Dengan kata lain, untuk mengoptimalkan sebuah situs web menggunakan SEM, maka faktor eksternal situs web tersebut juga harus di optimalkan. Seperti, manajemen sosial media, pemasaran offline, networking dan lain sebagainya.

Kegunaan dan Fungsi SEM

Setelah mengetahui apa itu SEO dan SEM beserta pemahamannya. Langkah selanjutnya adalah dengan memahami kegunaan beserta fungsi SEM pada mesin pencari. Berikut adalah poin-poin penting yang harus di garis bawahi:

  1. Penerapan SEM yang baik dapat meningkatkan brand-awareness atau kesadaran atau persepsi merek kepada khalayak luas.
  2. Penerapan SEM yang baik pula juga dapat meningkatkan visibilitas sebuah situs web pada laman hasil pencarian (SERP).
  3. SEM dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek dagang.
  4. Jika dilakukan dengan tepat, SEM dapat membangun citra serta persepsi merek terhadap publik.

Kesimpulan

SEO dan SEM adalah dua faktor terpenting bagi bisnis ataupun perusahaan anda yang bergantung pada situs web. Dengan memiliki penerapan SEO dan SEM yang baik, maka akan lebih mudah bagi bisnis anda untuk bersaing dengan bisnis serupa jika penerapan SEO dan SEM pada situs web anda jauh lebih baik.

BACA JUGA: Membangun kolaborasi daring, bisakah?