Cara Cek Akun Teretas Pakai Firefox Monitor

Sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimana cara kerja HaveIBeenPwned sehingga situs tersebut bisa mendeteksi apakah kredensial sensitif daring anda sudah di retas atau tidak. Firefox monitor pun memiliki pola kerja yang sama, yakni dengan mencocokkan dan mengumpulkan basis data yang telah diretas. Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai fitur dan juga tata cara menggunakan Firefox Monitor. Sebelum itu, simak pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh netizen mengenai situs tersebut.

Yang Sering Ditanyakan Oleh Netizen

Berikut ini adalah daftar pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh pembaca.

Apa Itu Firefox Monitor?

Firefox monitor adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Firefox untuk mendeteksi apakah kredensial sensitif seperti alamat surel dan kata sandi anda bocor dalam suatu kasus peretasan.

Apakah Firefox Monitor Aman?

Layanan Firefox Monitor dibuat oleh perusahaan sama yang juga membuat perangkat lunak peramban terbesar di dunia selain Google Chrome, yaitu Mozilla Firefox. Bisa di asumsikan bahwa layanan Firefox Monitor juga memiliki kualitas keamanan yang sama dengan layanan Firefox yang lainnya.

Apakah Layanan Firefox Monitor Gratis?

Firefox Monitor yang didirikan oleh perusahaan Firefox merupakan layanan publik yang dapat diakses dan digunakan secara gratis.

Perbedaan Firefox Monitor dan HaveIBeenPwned

Pada dasarnya layanan Firefox Monitor dan HaveIBeenPwned tidak memiliki perbedaan yang berarti. Hanya saja, Firefox Monitor didirikan oleh perusahaan besar seperti Firefox. Sedangkan HaveIBeenPwned di buat oleh seorang individu yang bernama Troy Hunt.

Cara Cek Akun Teretas Pakai Firefox Monitor

Berikut ini adalah tata cara untuk melihat apakah akun ataupun kredensial sensitif anda teretas atau tidak:

firefox monitor
Logo Firefox Monitor
  • Kunjungi laman berikut ini monitor.firefox.com lalu anda akan menemui laman web seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.
firefox monitor
  • Setelah itu masukkan email yang ingin anda cek perihal status diretas atau tidaknya. Lalu, klik tombol “Check for Breaches” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Berikut adalah tampilan web yang akan anda lihat ketika akun anda pernah di retas sebelumnya.

Tampilan Web untuk Akun yang Pernah di Retas

Cara Cek Akun Teretas Pakai Firefox Monitor
Tampilan web yang menunjukkan bahwa akun anda pernah diretas.

Anda akan ditampilkan laman web seperti gambar diatas jika akun anda pernah diretas sebelumnya. Pada contoh gambar yang saya berikan diatas, saya menggunakan alamat surel dengan nama [email protected]. Mengejutkannya, alamat surel tersebut pernah diretas sebanyak 184 kali. Artinya, akun pada website-website yang pernah seseorang daftarkan menggunakan alamat surel [email protected] sudah pernah diretas. Mengerikan bukan. Jangan panik dulu, Ketika akun anda sudah diretas, maka berikut adalah tips-tips yang dapat anda lakukan:

  1. Segera ubah kata sandi pada website yang telah diretas. Upaya ini harus segera dilakukan bilamana anda tidak ingin ada peretas yang mengakses akun anda tanpa sepengetahuan anda.
  2. Hapus akun anda, lalu buat ulang menggunakan alamat surel yang dikhususkan untuk mendaftarkan akun daring. Jangan gunakan alamat surel bisnis ataupun alamat surel pribadi untuk mendaftarkan akun secara sembarangan.
  3. Jika kata sandi yang anda gunakan adalah kata sandi berulang sama yang anda gunakan pada banyak akun, maka segeralah ganti kata sandi pada website yang belum di retas. Demi menghindari penyebaran peretasan yang tidak diinginkan.

Secepat mungkin, segera lakukan tips-tips diatas setelah mengetahui bahwa akun anda telah diretas. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tampilan Web untuk Akun yang Tidak Pernah di Retas

Cara Cek Akun Teretas Pakai Firefox Monitor
Tampilan web ketika surel anda tidak pernah diretas

Jika surel atau kredensial sensitif anda tidak pernah diretas sebelumnya, maka anda akan menjumpai tampilan web seperti gambar di atas. Akan tetapi jangan senang dulu, berikut adalah tips-tips yang dapat anda lakukan demi menghindari atau mengurangi resiko peretasan:

  1. Jangan gunakan kata sandi yang sama berulang kali pada laman web yang berbeda. Sebisa mungkin, gunakanlah kombinasi kata sandi yang kuat dan jangan gunakan kata sandi yang punya kaitannya dengan biografi diri anda seperti nama, tanggal lahir atau angka favorit.
  2. Gunakan layanan VPN gratis ataupun berbayar ketika berselancar di dunia maya. Berikut adalah rekomendasi 5 VPN gratis terbaik di tahun 2020.

Itulah cara dan tips menggunakan Firefox Monitor untuk mengecek kredensial sensitif anda. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan digital anda, karena peretasan kapan terjadi kapan saja dan dimana saja.

BACA JUGA:

5 Ponsel Android Teraman dari Serangan Siber