5 VPN Gratis Terbaik di Tahun 2020

Menggunakan layanan VPN gratis maupun berbayar merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk mengamankan diri anda dari serangan siber yang mematikan. Dengan menggunakan VPN, anda akan terlindungi dari serangan siber MITM (Man-In-the-Middle Attack) yang dapat membocorkan segala aktifitas anda ketika sedang berselancar di internet. Mulai dari aktifitas online banking, riwayat pencarian, data pribadi yang sensitif dan lain sebagainya. Mengerikan bukan.

vpn gratis terbaik

Dan perlu dicatat bahwa menggunakan VPN yang betul-betul berkualitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, saya sudah mengumpulkan sekaligus mengulas 5 VPN gratis terbaik di tahun 2020 secara komprehensif. Berikut ini adalah daftar dan ulasannya.

Kriteria VPN Gratis Berkualitas

Sebelum kita lanjut melihat daftar VPN berkualitas yang juga gratis, akan lebih baik jika kita mengenali kriteria-kriteria dan sistem yang digunakan masing-masing perusahaan VPN. Menurut saya, VPN harus mempunyai kriteria-kriteria tertentu untuk dapat dikategorikan sebagai VPN yang berkualitas. Berikut ini merupakan kriteria-kriteria tersebut:

  1. Protokol Enkripsi Data: Perusahaan VPN harus transparan mengenai protokol enkripsi yang mereka gunakan dalam teknologi VPN mereka. Dengan demikian, kita bisa menilai seberapa aman atau seberapa mutakhir teknologi yang perusahaan VPN tersebut gunakan.
  2. Jumlah dan Kecepatan Server: Banyaknya lokasi server juga akan mempengaruhi pengalaman pengguna dalam berselancar di internet. Semakin jauh lokasi fisik pengguna dari server VPN, maka aman untuk diasumsikan bahwa pengguna tersebut akan mengalami perlambatan internet dibandingkan dengan pengguna yang lebih berdekatan dengan server VPN.
  3. Kebijakan Privasi: VPN juga menyimpan data pengguna dalam sebuah server. Untuk itu, VPN juga harus transparan mengenai data pengguna tersebut. Tak jarang, bahkan ada beberapa kasus perusahaan VPN yang menggunakan atau bahkan menjual data penggunanya secara ilegal kepada pihak ketiga.

Dengan menyepakati kriteria-kriteria seperti diatas, maka selanjutnya kita akan membahas daftar-daftar VPN gratis dan terbaik sesuai kriteria tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, mari ulas pada bahagian selanjutnya.

5 VPN Gratis Terbaik di Tahun 2020

Dengan menggunakan kriteria seperti yang telah dibahas sebelumnya sebagai tolok ukur VPN gratis terbaik dan berkualitas, maka berikut ini adalah 5 nominasinya:

vpn gratis terbaik
Hotspot Shield free VPN
  • Hotspot Shield: VPN yang satu ini layak menjadi urutan pertama dikarenakan jangkauan server yang luas serta kestabilan dan kecepatan VPN yang relatif memuaskan untuk VPN gratis. Hotspot Shield VPN Mempunyai 2.500 server di lebih dari 70 lokasi di penjuru dunia serta limit pemakaian yang relatif besar yakni sekitar 500MB/Hari.

    Spesifikasi VPN Hotspot Shield:

    A. Protokol/Enkripsi: 256-bit AES
    B. Jumlah Server: 2.500 Server
    C. Lokasi Server: Lebih dari 70 Lokasi
    D. Kebijakan Privasi: Dapat melihat ID Ponsel dan ID Provider untuk pengiklan.
  • ProtonVPN: Untuk perusahaan VPN yang satu ini, mereka memiliki 628 Server, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Hotspot Shield yang berlokasi di 44 lokasi di penjuru dunia. Menariknya, ProtonVPN sama sekali tidak memiliki batasan penggunaan harian seperti Hotspot Shield, namun harus rela menjadi posisi kedua dikarenakan jangkauan server yang tak seluas Hotspot Shield VPN.

    Spesifikasi PROTONVPN:
    A. Protokol/Enkripsi: 256-bit AES
    B. Jumlah Server: 801 Server
    C. Lokasi Server: 50 Lokasi
    D. Kebijakan Privasi: Kebijakan privasi transparan dan perusahaan memiliki track record yang baik.
  • Hide.me: perusahaan VPN Hide.me tidak menyebutkan jumlah server yang dimilikinya secara spesifik akan tetapi mereka mengklaim telah berlokasi di 70 tempat di berbagai penjuru dunia. Menariknya, sama seperti ProtonVPN HIDE.ME sama sekali tidak memiliki batasan penggunaan harian seperti Hotspot Shield, namun VPN HIDE.ME harus rela menjadi posisi ketiga dikarenakan jangkauan server yang begitu terbatas.

    Spesifikasi VPN HIDE.ME:
    A. Protokol/Enkripsi: 256-bit AES
    B. Jumlah Server: Tidak Diketahui
    C. Lokasi Server: 70 Lokasi di berbagai penjuru dunia
    D. Kebijakan Privasi: Kebijakan privasi yang transparan.
  • Speedify VPN: Perusahaan VPN yang satu ini mengklaim telah memiliki lebih dari 200 server VPN di lebih dari 50 lokasi penjuru dunia. Akan tetapi, tidak seperti HIDE.ME yang tanpa batasan penggunaan VPN Spedify justru memiliki batasan penggunaan yang terbatas dan belum lagi jangkauan server yang tidak begitu luas.

    Spesifikasi SPEEDIFY VPN:
    A. Protokol/Enkripsi: 256-bit AES
    B. Jumlah Server: Lebih dari 200 Server
    C. Lokasi Server: Lebih dari 50 Lokasi
    D. Kebijakan Privasi: Kebijakan privasi yang kurang meyakinkan.
  • TunnelBear VPN: Perusahaan VPN yang satu ini sempat menjadi perbincangan dikarenakan skandalnya dengan kanal youtube LinusTechTips. Namun, perusahaan VPN satu ini memiliki lebih dari 1000 server di 20 lokasi di berbagai penjuru dunia. Sayangnya, Tunnelbear harus rela menempati posisi terakhir di dalam daftar ini dikarenakan kebijakan privasi yang kurang meyakinkan dan juga jangkauan server yang begitu terbatas.

    Spesifikasi TUNNELBEAR VPN:
    A. Protokol/Enkripsi: 256-bit AES
    B. Jumlah Server: Lebih dari 1000 Server
    C. Lokasi Server: 20 Lokasi
    D. Kebijakan Privasi: Kebijakan privasi yang kurang meyakinkan.

Mengapa Hotspot Shield Menjadi Pilihan Terbaik di Tahun 2020?

Setelah melihat data diatas jika dikomparasikan secara mendalam maka Hotspot Shield VPN akan mengungguli semua kompetitornya diberbagai faktor. Mulai dari jangkauan server, protokol enkripsi termutakhir dan juga kebijakan privasi yang transparan dengan track record perusahaan yang jelas. Sangat sulit untuk tidak menobatkan VPN yang satu ini sebagai kandidat VPN terbaik di tahun 2020 dan ingat semua keunggulan tadi dapat anda nikmati secara gratis, namun dengan batasan penggunaan yang relatif besar. Dengan ini kami nobatkan Hotspot Shield sebagai VPN gratis terbaik dan berkualitas di tahun 2020.

BACA JUGA:

Tren Kejahatan Siber di Tengah COVID-19