Bagaimana Cara Kerja HaveIBeenPwned?

Belakangan ini, netizen tengah dihebohkan dengan berita peretasan sekaligus pencurian data dalam platform ecommerce Tokopedia.com. Namun, ada kejadian lain yang perlu diperhatikan. Setelah berita peretasan tersebar luas, netizen pun berbondong-bondong mengunjungi situs dengan alamat haveibeenpwned.com untuk melihat apakah data mereka termasuk dari data yang diretas beberapa waktu lalu. Lantas, bagaimana cara kerja haveibeenpwned sebenarnya? apakah haveibeenpwned.com aman untuk digunakan? simak ulasannya berikut ini.

Pertanyaan yang Sering di Tanyakan

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara kerja HaveIBeenPwned.com, mari simak beberapa pertanyaan berikut yang sering orang tanyakan mengenai situs HaveIBeenPwned.com.

Apa Itu HaveIBeenPwned.com?

HaveIBeenPwned.com merupakan sebuah layanan verifikasi dan pengecekan peretasan data publik yang didirikan oleh Troy Hunt.

Apakah HaveIBeenPwned.com Aman untuk Digunakan?

Setelah kami selidiki, situs HaveIBeenPwned.com tidak melacak ataupun menyimpan data pengunjung dalam situs. Baik itu melalui cookies ataupun file mencurigakan lainnya.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Data Saya Diretas?

Jika anda sudah memverifikasi apakah data anda sudah diretas atau tidak di situs HaveIBeenPwned.com dan hasilnya positif, kami sarankan agar anda mengganti kata sandi pada setiap data yang positif diretas.

Cara Kerja HaveIBeenPwned.com

cara kerja haveibeenpwned
Ilustrasi freepik.com

Teknologi ataupun sistem dibalik HaveIBeenPwned.com sangatlah transparan. Dikutip dari blog pendiri situs tersebut sendiri, Troy Hunt, ia mengatakan bahwa dirinya menemukan database atau basis data yang berisikan kredensial sensitif pengguna seperti email, password, nomor ponsel dan lain sebagainya dalam sebuah wadah seperti forum komunitas peretas. Forum komunitas peretas ini tak jarang membagikan basis data tersebut secara gratis dan tak jarang juga secara berbayar. Troy Hunt, mengaku mendapatkan database atau basis data kredensial tadi melalui cara ini.

Setelah mendapatkan basis data tersebut, Troy Hunt lalu meng-import data yang telah diretas tersebut kedalam basis data situs HaveIBeenPwned.com. Dengan demikian, pengguna yang penasaran dengan bocor atau tidaknya kredensial sensitif mereka dapat mengetahui melalui basis data yang telah dikumpulkan oleh Troy Hunt melalui situs HaveIBeenPwned.com.

Dan menurut pendiri situs tersebut, ia mengaku bahwa ia telah mengumpulkan lebih dari 2.7 miliar data kredensial sensitif dari berbagai situs yang sebelumnya telah diretas. Beberapa situs yang telah diretas tersebut bahkan merupakan sebuah situs dari perusahaan mutinasional besar seperti 000webhost yang merupakan situs layanan hosting gratis terbesar di dunia, dengan 15 juta kredensial sensitif bocor ketangan sang peretas. Dan situs Adobe.com yang merupakan perusahaan raksasa dibidang perangkat lunak rekayasa digital seperti photoshop. Tak tanggung-tanggung data dalam situs Adobe yang bocor mencapai angka 153 juta kredensial sensitif penggunannya.

Setelah mengetahui cara kerja HaveIBeenPwned.com, anda harus menyadari bahwa keamanan digital anda merupakan hal penting yang harus anda jaga.

Bagaimana Cara Memproteksi Diri dari Peretasan?

Ada banyak cara untuk memproteksi diri anda dari peretasan siber yang mengkhawatirkan. Dan salah satunya adalah dengan cara meggunakan layanan VPN atau Manajer Kata Sandi seperti 1Password.com yang akan memberikan rekomendasi kata sandi unik pada setiap akun daring anda. Atau ikuti tips-tips sederhana tentang bagaimana cara mengamankan diri anda dalam dunia siber.

  1. Selalu gunakan kata sandi yang berbeda-beda pada setiap akun. Agar anda tidak dibingungkan oleh banyaknya kata sandi. Gunakanlah manajer kata sandi seperti 1Password.com atau manajer kata sandi milik google yang sudah ditanam pada ponsel android anda.
  2. Hindari menggunakan Wi-Fi publik untuk mengakses akun sensitif seperti akun banking, akun sosial media atau akun-akun lainnya.
  3. Selalu gunakan layanan VPN terpercaya dalam melakukan setiap transaksi daring anda atau hanya sekedar berselancar di internet.
  4. Jangan menggunakan kartu kredit kepada sembarang website. Pastikan, keamanan website tersebut terjamin dan juga dapat dipercaya untuk tidak menyimpan kredensial kartu kredit anda.
  5. Selalu hindari menyebarkan data diri anda secara dalam dunia maya. Informasi tentang anda yang beredar pada internet juga bisa menjadi persenjataan bagi peretas dalam melakukan aksinya.

Begitulah cara kerja HaveIBeenPwned yang dapat saya sampaikan. Berikut juga dengan beberapa tips mengamankan diri anda dari serangan siber yang mematikan.

Baca Juga:

5 VPN Gratis Terbaik di Tahun 2020