Dengan semakin berkembangnya teknologi, muncullah permasalahan-permasalahan baru yang sebelumnya tidak pernah terjadi, salah satunya seperti error 0x80070057 dan juga meningkatnya kejahatan siber secara signifikan.

Windows merupakan sistem operasi kedua paling banyak digunakan di perangkat komputer di seluruh dunia dengan market share sebesar 35.94% setelah sistem operasi Android dengan market share sebesar 40.47%. Hal tersebut pun menjadikan Windows sebagai OS yang mendominasi pasar komputer.

Penyebab Error 0x80070057

Salah satu screenshot error 0x80070057

Kode Error tersebut biasanya tak jauh dari permasalahan pada Windows Update ataupun gagalnya proses instalasi windows update. Entah apakah file windows update tersebut corrupt atau mengalami masalah lainnya saat proses instalasi update. Solusi utamanya adalah dengan melakukan perbaikan atau menghapus file Windows update yang corrupt tersebut. Dan sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya buatlah restore point.

Lalu bagaimana cara mengatasi sekaligus memperbaiki error 0x80070057 dalam OS Windows? simak ulasannya berikut ini.

Cara Memperbaiki Error 0x80070057

Berikut ini merupakan salah satu cara untuk dapat memperbaiki error tersebut. Perlu digarisbawahi, bahwa kamu perlu membuka CMD atau Command Prompt sebelum mengikuti solusi berikut ini:


Disclaimer: Sebelum mengikuti solusi dibawah ini, ada baiknya jika kamu benar-benar mengikuti solusinya secara terurut dan tanpa melakukan Typo. Apabila ada kerusakan lain diakibatkan kelalaianmu, maka itu sepenuhnya jadi tanggung jawabmu.

Buka Command Prompt pada Windows dengan cara mengetik kata “CMD” pada kotak pencarian di start menu windows. Lalu, setelah Command Prompt Muncul, copy dan paste kode-kode dibawah ini secara berurutan, satu baris demi satu baris lalu tekan tombol Enter pada setiap baris perintah / kode.

net stop wuauserv

net stop cryptSvc

net stop bits

net stop msiserver

Ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old

Ren C:\Windows\System32\catroot2 Catroot2.old

net start wuauserv

net start cryptSvc

net start bits

net start msiserver

Setelah selesai copy dan paste seluruh perintah command prompt diatas, baris demi baris, ada satu langkah terakhir yang harus kamu lalui. Buka Powershell dalam Windowsmu dengan cara hampir sama seperti CMD tadi, yakni dengan mengetik “Powershell” pada kotak pencarian di start menu Windows.

Setelah muncul window Powershell, copy dan paste kode dibawah ini:

wuauclt.exe /updatenow

Jika Kamu mengikuti semua langkah yang telah diberikan diatas dengan baik, maka seharusnya error 0x80070057 sudah diperbaiki pada OS Windowsmu.

Tips Mencegah Error 0x80070057

Error tersebut seringkali dikaitkan dengan permasalahan Windows Update, Instalasi Windows ataupun masalah-masalah yang tak jauh dari File System Windows. Tak jarang, mengubah waktu dan tanggal pun dapat menyelesaikan error dengan kode 0x80070057 ini.

Jika solusi diatas tidak juga berhasil, kamu bisa menonton video ini secara perlahan tanpa meloncati bagian-bagian penting.

Tips mencegah error yang sama terulang kembali:

  • Pastikan setiap kali kamu mengupdate Windows, menggunakan Internet yang stabil agar menghindari file atau data corrupt.
  • Jangan menggunakan komputer jika sedang instalasi update atau sedang mengunduh update. Jadwalkan update windows di waktu dimana kamu tidak sedang menggunakan komputermu.
  • Jangan Install atau pasang software bajakan, dikarenakan seringkali banyak sekali malware dan virus berbahaya lainnya yang telah disisipkan pada software bajakan tersebut.