Kernel Data Inpage Error adalah kode error Windows yang ditampilkan pada layar biru (BSOD: Blue Screen Of Death). Ketika kesalahan atau error ini terjadi, komputermu biasanya akan terlebih dahulu mengkompilasi dan memproses data diagnostik yang lalu akan dilanjutkan oleh restart komputer. Jika masalah tetap berlanjut, komputermu akan menampilkan lagi pesan Kernel Data Inpage Error yang sama.

Kernel Data Inpage Error biasanya dikaitkan dengan kegagalan perangkat keras yang terkait dengan modul Memori (RAM) ataupun Hard Drive . Dalam kasus lain, kesalahan yang sama ini akan muncul karena ulah virus.

Bagaimana Kernel Data Inpage Error Terjadi

Ketika error ini terjadi, kamu biasanya akan melihat pesan berikut ini:

Your PC ran into a problem and needs to restart. We're just collecting some error info, and we'll restart for you.

If you'd like to know more, you can search online later for this error: KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR
KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR

Penyebab Kernel Data Inpage Error

Kernel Data Inpage Error adalah kode error yang ditampilkan pada BSOD, dan biasanya disebabkan oleh masalah pada modul memori (RAM: Random Access Memory) ataupun masalah pada hard drive.

Berikut adalah beberapa kode error lainnya yang terkait dengan kesalahan ini:

  • 0x0000007A: File access errors 
  • 0xC000009C: Bad hard drive sectors 
  • 0xC000009D: Loose cables or hard disk failure 
  • 0xC000016A: Bad hard drive sectors 
  • 0xC0000185: Unseated or damaged cables

Cara Mengatasi Kernel Data Inpage Error

BSOD: Blue Screen Of Death

Karena pada umumnya Kernel Data Inpage Error disebabkan oleh modul memori atau hard drive yang buruk, perbaikannya biasanya melibatkan penempatan komponen yang tidak tepat (tidak pas/kencang) ataupun menggantinya dengan yang baru.

Dalam kasus lain, Kamu akan menemukan bahwa modul memori atau hard drive tidak terhubung dengan baik dan benar, atau seluruh masalah dapat disebabkan oleh virus. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki error tersebut:

Backup datamu . Jika ada masalah dengan hard drive kamu bisa kehilangan data penting. Jika kamu menyimpan sesuatu di komputer dan tidak ingin data tersebut hilang, kamu harus melakukan pencadangan atau backup sebelum memulai proses perbaikan. Buat salinan dari semua file yang penting, dan simpan di drive USB , kartu SD , atau layanan penyimpanan cloud.

Periksa dan Pasang Kembali Modul Memori

Periksa Modul Memori

Dalam beberapa kasus, masalah tersebut dapat disebabkan oleh modul memori yang tidak terpasang dengan benar. Untuk mengesampingkan hal ini dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu, buka komputermu dan periksa modul RAM. Jika ada modul yang tidak terpasang dengan benar atau longgar, pasang kembali dan periksa untuk melihat apakah Kernel Data Inpage Error masih terjadi. Berhati-hatilah saat membuka komputer dan mengatur komponen. Tanpa gelang anti-statis yang dipasang dengan benar, listrik statis dapat merusak komponen seperti RAM secara permanen.

Periksa dan Pasang Kembali Kabel Harddrive (Kabel SATA)

Periksa kabel SATA

Kesalahan ini biasanya menunjukkan bahwa drive memiliki cacat fisik seperti bad sector. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin mengalami masalah ini karena kabel hard drive yang tidak terpasang dengan benar.Untuk menyingkirkan kemungkinan ini, buka komputermu, temukan hard drivemu, dan pasang kembali kabel konektor. 

Kamu juga perlu memeriksa dan memasang kembali kabel yang terhubung dengan motherboard kamu. Saat hard drivemu berjalan, dengarkan dengan cermat untuk setiap suara klik yang keras. Jika kamu mendengarnya, hard drivemu mungkin sedang mengalami kegagalan atau rusak. Dan hal tersebut dapat menyebabkan error tersebut. Cara mengatasinya adalah mencadangkan atau backup semua datamu dan mengganti hard drivemu dengan yang baru.

Uji dan Diagnosa Memori

Windows Memory Diagnostic

Windows 10 memiliki alat diagnostik memori bawaan. Ada juga beberapa opsi gratis yang tersedia untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Jika kamu memiliki Windows 10, ketik “Memory” ke dalam kolom pencarian taskbar, lalu pilih Windows Memory Diagnostic > Restart now and check for problems .

Alat atau software diagnostik memori terbaik adalah memtest 86, yang dapat kamu download dan gunakan untuk memeriksa modul memori atau RAM. Kamu mungkin ingin menjalankan lebih dari satu software diagnostik memori. Jika salah satu dari alat ini melaporkan dan menemukan masalah dengan memorimu, pertimbangkan untuk mengganti modul memori atau RAM pada komputermu. Mengganti RAM-mu dengan yang baru mungkin akan memperbaiki Kernel Data Inpage Error.

Uji dan Diagnosa Hard Drive

Kamu dapat memeriksa masalah dengan hard drivemu menggunakan alat pemeriksaan kesalahan bawaan Windows atau perintah chkdsk (Kode Perintah CMD). Jika software diagnosamu menemukan masalah, seperti bad sector, biarkan saja software tersebut memperbaikinya. Jika berhasil, seharusnya permasalahan Kernel Data Inpage Error akan selesai.

Jalankan Pemindaian Virus

Dalam beberapa kasus, virus dapat merusak file-file penting dan menyebabkan Kernel Data Inpage Error. Sekanario tersebut lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi daripada kemungkinan lain, tetapi tidak ada salahnya untuk dilakukan pemeriksaan. 

Jika langkah-langkah diatas tidak ada yang berhasil, coba jalankan pemindaian virus. Jika salah satu dari program antivirus menemukan anomali, izinkan program tersebut untuk memperbaiki anomali tersebut, kemudian periksa kembali apakah kamu masih mengalami permasalahan Kernel Data Inpage Error atau tidak.